Efek Plasebo: Percayalah, Maka Anda akan Sembuh

Para dokter sering tidak percaya ketika ada pasiennya yang berkata, ?obat ini menyembuhkan saya, dok.? Kata dokter, ?ah, saya kira itu hanya efek plasebo.?

Apakah yang dimaksud dengan efek plasebo?

Plasebo (dari bahasa Latin yang artinya ?saya harus nyaman?) adalah zat yang tampaknya seperti obat padahal sebenarnya netral dan tidak memiliki efek kimia tersendiri. Contoh plasebo adalah kapsul berisi gula atau suntikan air murni yang tidak mengandung bahan aktif apa pun.
Namun, jangan mengentengkan efek penyembuhan zat netral semacam itu bila yang memberikan adalah seorang dokter atau orang yang sangat dipercaya.
Efek penyembuhan itu disebut efek plasebo. Anda jadi merasa lebih baik atau bahkan benar-benar sembuh karena Anda percaya dengan obat yang Anda makan. Tentu saja, asalkan penyakitnya bukan patah tulang atau penyempitan pembuluh darah, misalnya. Plasebo diketahui membantu mengurangi rasa sakit, depresi, gelisah, penyakit Parkinson, gangguan inflamasi dan bahkan kanker. Secara umum obat plasebo dapat memperbaiki kondisi penyakit sekitar 33-37%. Plasebo terutama lebih memengaruhi gejala daripada penyakit yang mendasarinya, meskipun kadang-kadang seperti dalam kasus depresi atau penyakit maag, tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Menguntungkan tapi membingungkan

Efek plasebo menguntungkan kita, meskipun sampai saat ini belum diketahui secara persis bagaimana cara kerjanya. Para ilmuwan menduga bahwa efek plasebo berasal dari proses aktif di otak yang mendukung penyembuhan. Kita hanya bisa melihat efeknya, yang sangat nyata dan divalidasi oleh banyak sekali penelitian.
Namun, efek ini juga mengganggu dokter laboratorium. Bila Anda menguji efektivitas obat baru, bagaimana Anda tahu bahwa obat itu benar-benar efektif atau apakah ia hanya bertindak melalui efek plasebo? Untuk itu, pengujian dilakukan dengan membandingkan efek zat aktif obat dengan efek plasebo. Studi ini dinamakan double blind test (uji buta ganda). Baik dokter maupun pasien tidak tahu apakah obat yang digunakan plasebo atau obat betulan. Efek yang didapatkan oleh sejumlah pasien yang mendapatkan obat plasebo kemudian dibandingkan dengan obat betulan yang baru itu. Hasilnya harus menunjukkan bahwa obat itu lebih efektif daripada plasebo.

Tips untuk Anda

Adanya efek plasebo menunjukkan pentingnya keyakinan, pikiran, dan jiwa kita dalam penyembuhan. Itulah sebabnya mengapa Anda harus yakin pada obat yang diberikan dokter Anda. Bila berdoa untuk kesembuhan, percaya pada dokter dan menyakini obat yang diberikan, setengah kesembuhan sudah di tangan Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes